Peranan Penting E-commerce Logistics Companies

Indonesia adalah salah satu negara yang memiliki pasar besar untuk ecommerce, dan setiap tahun e-commerce sendiri mengalami peningkatan yang sangat pesat dan seringkali berkembang karena diiringi juga dengan kemajuan dari teknologi dan karena banyaknya akses internet saat ini. Dalam beberapa penelitian juga disebutkan jika sepanjang tahun lalu, dikabarkan jika perdagangan online indonesia mengalami peningkatan yang sangat tinggi dan juga disebutkan jika Indonesia adalah salah satu negara di Asia Tenggara yang memiliki pasar besar untuk industri perekonomian yang baru ini. Komponen penting yang sangat berkaitan dengan pertumbuhan perdangan online adalah e-commerce logistics companies.

Pertumbuhan perdagangan online sendiri memang sangat tinggi dan sangat berkaitan dengan banyak komponen lain yang tak kalah penting. Salah satunya adalah e-commerce logistics companies. Dimana Logistik sendiri sebenarnya bukan hanya berkaitan dengan pengiriman barang dari produsen ke konsumen. Namun logistik ini juga bisa mencangkup hal yang jauh lebih luas. Misalnya adalah pergudangan, manajemen inventori, proses penagihan, pengemasan, label, cash on delivery (COD), pembayaran, pengiriman dan masih banyak hal lainnya. 

Peran dari E logistik

Sebenarnya secara garis besar, kinerja dari bisnis e-commerce sendiri sangat berhubungan erat dengan sistem logistik dan manajemen supply chain. Dimana logistics ini sangat berkaitan dengan e logistik. Dan untuk Indonesia sendiri, sistem perpindahan logistik dari bisnis yang bertaraf e commerce sebenarnya sebagian besar masih saja menggunakan cara yang manual. Sehingga model bisnis daging e logistik juga sebenarnya memiliki alur yang jauh lebih sederhana jika dibandingkan dengan ritel Offline yang memang memerlukan gudang. Dan untuk platfom dagang e logistic juga masih membutuhkan saran pemasaran. Proses pendata barang yang masuk dan keluar serta bekerjasama dengan perusahaan logistik untuk proses pengiriman. 

e-commerce logistics companies sebenarnya memiliki tugas untuk memastikan jika pelanggan bisa mendapatkan apa yang sebenarnya mereka butuhkan dalam waktu yang tepat, ditempat yang tepat dan juga dengan biaya minimum. Ada beberapa elemen yang ada dalam e logistik ini sendiri yang harus anda ketahui, diantaranya adalah konsumen, manufaktur, perantara dan service. Yang membedakannya hanyalah proses kerjanya yang menggunakan komputer dengan koneksi internet. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *