Aneka Hasil Akhir Percetakan Packaging

Packaging suatu produk yang telah mengalami pencetakan dengan adanya tambahan tulisan dan gambar mengenai keterangan produk yang dibungkusnya atau promosi mengenai keunggulan dari produk yang dibungkusnya atau adanya produk lain  selain produk yang dibungkus atau dikemas yang juga merupakan hasil produksi perusahaan yang sama akan sangat efektif menjadi media penyampai keterangan produk, sebagai penjelas ataupun juga sebagai salah satu ajang media promosi. Kualitas hasil cetakan pada kemasan atau packaging tersebut haruslah juga diperhatikan, yakni agar jelas cetakan tulisannya maupun gambarnya, atau logo perusahaannya, sehingga mudah dibaca dan terlihat, dan juga tidak mudah luntur atau hilang tulisan atau gambarnya. Berikut ini adalah aneka hasil akhir jasa percetakan packaging.

Monochrome Hitam Putih

Hasil akhir cetakan packaging yang paling banyak dan juga paling murah biayanya adalah untuk hasil akhir cetakan satu warna atau yang sering juga disebut sebagai warna monochrome hitam putih. Pada dasarnya untuk hasil akhir seperti ini, maka tinta cetak yang digunakan adalah hanya satu warna, yakni warna hitam saja. Sedangkan media cetaknya yang dipergunakan adalah berupa kertas. Bisa berupa jenis kertas Ivory atau kertas jenis Duplex. Bisa juga dan masih memungkinkan jika ingin dicetak dalam media plastik, yakni dengan metode cetak plastik sablon, atau dicetak di plastik sejenis plastik transparasi, namun biayanya akan menjadi lebih mahal. Guna mensiasati kebutuhan akan adanya membungkus atau packaging yang tahan air, tidak mudah menjadi basah atau rusak karena terkena minyak atau air atau cairan lainnya  maka hasil cetak pada kertas tersebut lantas bisa juga dilapisi dengan plastik atau dilaminasi, dengan dua jenis hasil akhir, yakni doff atau mengkilap yakni glossy. Hasil akhir warna monochrome hitam putih ini cocok untuk produk-produk stylist dan klasik.

Dua Warna

Selain monochrome, terdapat pilihan hasil akhir cetak pada packaging atau kemasan, yakni salah satunya dalam dua warna, yakni warna asli dari bahan kertasnya dengan warna tintanya, selain warna hitam, yakni bisa warna merah, atau biru atau kuning dan lain sebagainya, sehingga akan lebih bisa menarik perhatian. Untuk kemasan atau packaging yang terbuat dari kertas yang kemudian dilaminasi dengan plastik, maka hasil akhirnya juga bisa dalam dua jenis, yakni glossy atau mengkilap dengan doff, yakni yang tidak mengkilap, atau memantulkan cahaya.

Lebih dari Dua Warna

Berikutnya adalah ada juga hasil akhir jasa percetakan packaging yang lebih dari dua warna. Biasanya untuk kemasan atau packaging yang selain memuat tulisan, juga ada gambar atau logo perusahaannya, baik itu untuk kemasan atau bungkus  atau packaging produk non makanan, maupun produk makanan, dengan konsumen yang dituju adalah anak-anak dan remaja serta wanita, karena hasil akhir cetakan dalam aneka warna, lebih dari satu warna ini akan lebih menarik dan sesuai dengan selera mereka. Namun biasanya biaya cetaknya juga bisa lebih tinggi.

Itulah aneka hasil akhir jasa percetakan packaging yang umum digunakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *