Tips Memasak Menggunakan  Chinese Steamer Agar Makanan Berkualitas

Memasak dengan menggunakan steamer memang menjadi salah satu teknik memasak yang paling banyak dipilih. Teknik ini sendiri akan menggunakan uap air yang mendidih. Makanan maupun kue yang dimasak sendiri biasanya akan lebih lembab dan lembut. Ada banyak sekali jenis steamer yang bisa anda temukan. Salah satunya adalah chinese steamer

Chinese steamer ini merupakan salah satu jenis steamer yang paling banyak digunakan  terutama untuk mengukus makanan. Walaupun demikian, tidak sedikit dari masyarakat yang belum begitu memahami bagaimana cara memasak menggunakan steamer tersebut. tetapi anda tidak perlu khawatir  karena kami akan memberikan sejumlah tips memasak menggunakan steamer ini. 

Tips memasak menggunakan chinese steamer 

  1. Isi panci dengan air secara tepat 

Hal pertama yang harus anda perhatikan apabila ingin mengukus makanan dengan menggunakan steamer ini adalah pastikan anda sudah mengisi pengukus dengan air. Tetapi perhatikan juga jumlah air yang akan anda masukkan tersebut. pastikan air tersebut tidak sampai menyentuh sarigan dari steamer. Biasanya anda bisa memberikan jarak sekitar 2 cm. 

Tujuan dari pemberian jarak ini adalah agar air ketika air mendidih, luapan dari air tersebut tidak sampai mengenai makanan yang ada di atas saringan tersebut. walaupun makanan maupun kue termasuk jenis makanan yang cepat matang, tetapi perhatikan apabila ada harus memastikan jika air tersebut tetap banyak agar hasil masakanmu maksimal. 

2. Tambahkan air jika proses memasaknya lama

Terkadang memang ada beberapa jenis masakan atau kue yang membutuhkan proses pengukusan yang lama bukan? Nah, apabila air untuk mengukus tersebut tinggal sedikit maka ada baiknya anda menambahkan air kukusan tersebut. tetapi ada baiknya, anda tidak menambahkan air dingin tetapi panaskan terlebih dahulu air tersebut agar tidak memberikan pengaruh pada hasil masakan anda tersebut. 

3. Pastikan air dalam panci sudah mendidih sebelum makanan dimasukkan 

Tips memasak dengan menggunakan chinese steamer yang berikutnya adalah pastikan air yang ada di dalam panci tersebut sudah mendidih sebelum makanan tersebut dimasukkan. Hal ini bukan tanpa alasan karena jika anda sampai memasukkan makanan ke dalam steamer dengan air yang belum mendidih, biasanya akan mempengaruhi hasilnya. Terutama jika anda membuat kue. 

Untuk itulah, sebelum anda memutuskan untuk memasukkan kue-kue atau makanan tersebut pastikan air steamer sudah mendidih terlebih dahulu. 

4. Tutup rapat panci pengukusnya 

Terakhir, pastikan juga apabila anda menutup dengan rapat panci steamer tersebut. hal ini tidak lain karena jika terdapat ruang yang tidak rapat justru akan menghambat proses pematangan masakan tersebut. agar uap yang ada di dalam steamer tidak membasahi makanan, maka anda bisa menutupi kukusan dengan kain. 

Demikian beberapa cara penggunaan chinese steamer yang perlu anda perhatikan dengan baik.  Dengan informasi diatas, maka akan membantu anda untuk mampu memasak dengan menggunakan steamer dengan baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *