Manfaat Kalender Ovulasi untuk Mengetahui Masa Subur

Kalender haid atau sering dikenal dengan kalender ovulasi banyak digunakan pasangan yang sedang berusaha memperoleh keturunan. Kalender ovulasi ini adalah cara manual yang bisa digunakan untuk mengetahui masa subur wanita. Ibu bisa menghitung sendiri masa suburnya menggunakan kalender haid atau bisa konsultasi ke dokter kandungan sedangkan opsi yang terakhir adalah menggunakan aplikasi online yang sekarang sudah tersedia banyak di internet untuk membantu Ibu menghitung masa subur. Membicarakan mengenai masa subur, sebenarnya apa sih manfaat untuk pasangan jika sudah mengetahui masa subur? Berikut penjelasannya

Manfaat mengetahui masa subur

Dengan mengetahui kapan masa subur, Anda bisa meningkatkan kemungkinan hamil dan mempunyai keturunan. Tidak heran banyak pasangan yang menggunakan kalender ovulasi sebagai pedoman untuk program kehamilan selain faktor lainnya. Masa subur wanita terjadi ketika alat reproduksi wanita (indung telur) menghasilkan sel telur dan siap untuk dibuahi sperma laki-laki. Biasanya masa subur wanita berlangsung sekitar 10 hari. 

Masa subur dapat dihitung dengan mengetahui siklus haid wanita. Siklus haid yang teratur biasanya 28-32 hari. Nah masa suburnya adalah hari ke 11 sampai  ke 21 dari siklus haid tersebut. Jika sudah mengetahui kapan masa subur Anda bisa tahu kapan waktu yang tepat untuk melakukan hubungan seksual dengan pasangan. 

Mengetahui masa subur ini bisa digunakan sebagai metode agar cepat memperoleh keturunan atau malah sebaliknya untuk menghindari kehamilan ketika Anda belum siap untuk memperoleh keturunan lagi. Jadi kalender ovulasi ini bisa digunakan alat kontrasepsi manual untuk menghindari terjadinya kehamilan. 

Hal yang harus Anda ketahui dari kalender ovulasi 

Menghitung masa subur dengan kalender ovulasi bisa akurat untuk wanita yang mempunyai siklus menstruasi teratur namun tidak menjamin akurat 100% terutama untuk wanita yang mempunyai siklus haid yang tidak teratur. Wanita yang mempunyai siklus haid tidak teratur (siklus haid lebih lama atau lebih pendek) disarankan berkonsultasi dengan dokter, melakukan pengecekan lendir serviks dan menggunakan alat cek masa subur yang dijual di apotik. 

Selain itu terdapat tanda yang sering muncul ketika wanita sedang berada di masa subur atau dalam masa ovulasi. Wanita yang mengalami masa ovulasi ditandai dengan cairan vagina yang keluar berupa lendir bening dan jernih, mengalami sakit pada payudara, atau pinggul dan perut kemudian meningkatnya gairah seksual.  

Selain menggunakan kalender ovulasi untuk agar bisa cepat hamil, banyak faktor lain yang harus diperhatikan agar cepat memperoleh keturunan. Seperti mengecek kondisi reproduksi suami istri dan nutrisi yang dikonsumsi. 

Dengan mengetahui manfaat kalender ovulasi Anda dapat mengetahui kapan waktu yang tepat untuk berhubungan intim untuk mendapatkan kehamilan atau menghindari kehamilan sehingga pengetahuan mengenai kalender ovulasi, masa subur dan siklus menstruasi sangat penting dikuasai oleh pasangan suami istri. 

Sekian ulasan mengenai kalender ovulasi, semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *