Ciri Khas dari Deposito

Bagi para masyarakat, deposito ini bisa menjadi alternatif tabungan yang baik serta ideal. Karena deposito sendiri memiliki jangka waktu, dan bunga yang ditawarkan lebih tinggi daripada tabungan yang biasa. 

Mengenal Deposito

Deposito merupakan simpanan bank yang sistem penyetoran ataupun penarikannya cuma bisa dalam waktu yang tertentu.jika dana yang disimpan diambil sebelum waktu yang telah ditentukan, kalau tidak, kalian harus bersiap terkena pinalti.

Semakin besar atau lama kalian menyimpan dana di deposito, maka semakin besar bunga yang akan ditawarkan. Dan makannya deposito sendiri disebut deposito paling menguntungkan.

Selain memiliki fungsi tabungan berjangka, manfaat yang lain yaitu sebagai produk investasi yang menguntungkan. Produk investasi deposito sendiri memiliki rata-rata keuntungan yang stabil dibanding yang lain.

Ciri Khas dari Deposito 

Ada beberapa ciri-ciri khas dari deposito, dan kalian perlu mengetahuinya sebelum memulai berdeposito, diantaranya, 

  • Memiliki Minimal Setoran

Biasanya, jika kalian membuka rekening, maka akan ada batas minimal untuk dibayar pertama kali. Sama dengan deposito, akan ada minimal setoran yang harus dibayarkan.

Perbedaannya, deposito setoran minimalnya sekitar Rp. 5 jutaan. Walaupun setiap bank memiliki syarat masing-masing. 

  • Memiliki Jangka Waktu

Seperti yang sudah dikatakan, deposito mempunyai jangka waktu simpanan. Dan simpanannya tidak dapat diambil sebelum jangka waktu yang telah ditentukan. Biasanya waktunya dari 1 bulan, 3 bulan  6 bulan, 12 bulan, ataupun 24 bulan.

Dan jangka waktu ini cukup penting diperhatikan karena dapat menentukan kalian memakai simpanan itu.

Maka dari itu, deposito tersebut cocok bagi kalian yang sulit menabung. Dan dengan memanfaatkan deposito, kalian akan sukit boros karena telah ada jangka waktu yang ditentukan.

  • Pencarian Dana tidak Sembarangan

Pencairan Dana deposito ini tidak dapat sembarangan seperti tabungan biasa. Setelah kalian menentukan pilihan jangka waktu, maka pencairan dana harus sesuai dengannya.

Kalau tidak, kalian pasti akan terkena dsna penalti yang membuat keuntungan kalian,tidak maksimal.

  • Bunga Deposito

Seperti yang dikatakan, bunga deposito sendiri cukup tinggi dibanding tabungan. Hal tersebut termasuk masuk akal dikarenakan ada limitasi jangka yang diberikan. 

Dan hal inilah yang dikatakan jika deposito adalah produk investasi yang menguntungkan dan termasuk deposito paling menguntungkan, selain saham, obligasi, serta emas. 

Walaupun begitu, hal yang harus diingat adalah suku bunga. Maka dari itu, suku bunga harus disesuaikan dengan kebijakan dari Lembaga Penjamin Simpanan atau LPS.

  • Resiko yang Rendah

Deposito sendiri disebut sebagai produk simpanan yang mempunyai resiko yang rendah, karena deposito sendiri memiliki jaminan dari LPS dengan syarat tertentu.

Dan bank yang dipilih adalah bank yang tercatat menjadi anggota LPS. Jaminan dari LPS itu pun berlaku jika deposito yang telah dipinjam kurang dari Rp. 2 Miliar serta suku bunga maksimal 7,5 %.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *